Mareza, Amanda (2021) Praktikalitas E-Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Siswa Kelas XII SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_AMANDA_MAREZA_17035125_847_2020.pdf [thumbnail of final_B1_07_AMANDA_MAREZA_17035125_847_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_AMANDA_MAREZA_17035125_847_2020.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas emodul reaksi redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning untuk siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembngan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang dimulai dari tahapan pembentukan prototipe III sampai pada tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar wawancara untuk tahap one to one evaluation dan lembar praktikalitas untuk tahap small group dan field test yang diisi oleh guru dan siswa kelas XII SMA. Pada tahap One to One Evaluation lembar wawancara diisi oleh tiga orang siswa, pada tahap Small Group lembar praktikalitas diisi oleh enam orang siswa, dan tahap Field Test lembar praktikalitas diisi oleh tiga puluh orang siswa di SMA N 1 Lintau Buo dan 3 orang guru kimia. Data praktikalitas dianalisis dengan menggunakan indeks Aiken’s V dan diperoleh hasil praktikalitas e-modul dari siswa pada tahap small group dengan rata-rata nilai Aiken’s V sebesar 0,88 dengan kategori praktikalitas tinggi. Sedangkan praktikalitas e-modul dari guru dan siswa pada tahap field test diperoleh nilai rata-rata nilai Aiken’s V sebesar 0,86 dengan kategori praktikalitas tinggi. Untuk hasil analisis dari jawaban siswadiperoleh rata-rata persentase kemampuan siswa menjawab e-modul yaitu 90,5% dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa emodul reaksi redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning untuk siswa kelas XII SMA sudah praktis
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia, E-modul, Guided Discovery Lerning, Praktikalitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17355 |