Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas II SD Negeri 29 Koto Hilalang, Kabupaten Agam

Zona, Vina Oktri (2016) Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas II SD Negeri 29 Koto Hilalang, Kabupaten Agam. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VINA_OKTRI_ZONA_1307207_902_2016.pdf] Text
final_B1_6_VINA_OKTRI_ZONA_1307207_902_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kenyataan di SD Negeri 29 Koto Hilalang bahwa guru cendrung menyajikan materi secara terpisah antar mata pelajaran yang terkait, rencana pelaksanaan pembelajaran tematik masih menunjukkan pemisahan antar mata pelajaran yang terkait, guru cendrung menggunakan metode ceramah dan jarang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok.Akibatnya hasil belajar belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD dan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik di kelas II SD Negeri 29 Koto Hilalang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dengan jumlah siswa 23 orang dilaksanakan dengan observasi,tes, dan pengamatan. Model Cooperative Learning tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 4 sampai 5 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui lima tahap.
Hasil penelitian membuktikan bahwa aspek perencanaan pada siklus I pertemuan 1 adalah 92 % (sangat baik), pertemuan 2 yaitu 94 % (sangat baik), dan siklus II 97 % (sangat baik). Aktifitas guru siklus I pertemuan 1 diperoleh 72 % (cukup), pertemuan 2 yaitu 84 % (baik) dan siklus II diproleh 94 % (sangat baik). Aktifitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 66 % (cukup), pertemuan 2 yaitu 75 % (baik) dan siklus II 94 % (sangat baik). Rekapitulasi nilai siswa siklus I pertemuan 1 yaitu 70 (cukup), pertemuan 2 yaitu 79 (baik), dan siklus 2 yaitu 86 (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik di kelas II SD Negeri 29 Koto Hialang, kabupaten Agam dengan model cooperative learning tipe STAD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe STAD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:51
Last Modified: 25 Jul 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item
View Item