Pengaruh Penggunaan Edmodo untuk Blended Learning terhadap Hasil Belajar Sistem Operasi di SMK Negeri 3 Pariaman

Chania, Susi (2017) Pengaruh Penggunaan Edmodo untuk Blended Learning terhadap Hasil Belajar Sistem Operasi di SMK Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SUSI_CHANIA_1302857_5391_2017.pdf] Text
B1_05_SUSI_CHANIA_1302857_5391_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbantuan edmodo dan pembelajaran konvensional menggunakan media presentasi power point pada mata pelajaran Sistem Operasi kelas X Rekayasa Perangkat Lunak semester genap SMK Negeri 3 Pariaman Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan rancangan Satistic Group Comparison or Post-Test Only With Noenequivalent Groups. Sampel penelitian yaitu kelas X RPL A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan power point sedangkam kelas X RPL B dengan jumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran edmodo untuk blended learning. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 83.00, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78.55. Besar persentase pengaruh sebesar 5.6%. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 2.982 > 1.688, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran edmodo untuk blended learning dengan pembelajaran konvensional yang ditambah media power point pada mata pelajaran Sistem Operasi kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 3 pariaman. Maka model pembelajaran edmodo lebih baik konvensional. dan efisi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, pembelajaran Konvensional, Edmodo, Blended Learning, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:24
Last Modified: 25 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17335

Actions (login required)

View Item
View Item