Diana, Syarifah (2016) Hubungan Self-Esteem dengan Penyelesaian Tugas Terstruktur Matematika pada Siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SYARIFAH_DIANA_1100524_1235_2016.pdf [thumbnail of B1_5_SYARIFAH_DIANA_1100524_1235_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SYARIFAH_DIANA_1100524_1235_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih ada siswayang tidak mampu untuk mengerjakan tugas terstruktur Matematika dengan baik.Adanya siswa yang tidak berani untuk bertanya tentang materi yang belumdipahami dan tidak berusaha mencari sumber tentang materi tugas. Sebagiansiswa tidak mengerjakan soal-soal yang rumit dan mencontek punya teman. Selainitu, masih ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas terstruktur Matematika. Haltersebut diduga memberikan pengaruh terhadap self-esteem siswa. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-esteem denganpenyelesaian tugas terstruktur Matematika.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptifkorelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA PembangunanLaboratorium UNP pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 470 siswa danteknik stratified random sampling sehingga sampel berjumlah 216 siswa. Datadikumpulkan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumuspearson product moment dengan menggunakan program SPSS for windowsrelease 20.00.Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa self-esteem siswa beradapada kategori sedang, artinya siswa cukup memiliki keyakinan dalam menilai dirisendiri sebagai sosok yang berarti dan mampu menerima kekurangan diri.Penyelesaian tugas terstruktur Matematika berada pada kategori cukup baik,artinya siswa cukup memiliki kemampuan dalam menyelesaiakan tugas terstukturMatematika. Kemudian ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikanantara self-esteem dengan penyelesaian tugas terstuktur dengan tingkat hubungankorelasi berada pada kategori lemah. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi selfesteem siswa maka semakin baik pula penyelesaian tugas terstruktur Matematikasiswa. Sebaliknya, semakin rendah self-esteem siswa maka penyelesaian tugasterstruktur Matematika siswa semakin tidak baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF-ESTEEM, TERSTRUKTUR MATEMATIKA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17332 |