Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn ) dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN 22 Nan Sabaris

Z, REFNITA (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn ) dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN 22 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_REFNITA_Z_93576_197_2013.pdf] Text
final_B1_6_REFNITA_Z_93576_197_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran Khususnya PKn masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi sehingga siswa tidak aktif selama pembelajaran dan hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Talking Stick pada siswa kelas V SDN 22 Nan sabaris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Data didapat melalui observasi, tes dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 22 Nan sabaris yang berjumlah 21 orang. Hasil penilaian penelitian mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I pertemuan I memperoleh 79, pada pertemuan II naik menjadi 87, dan pada siklus II pertemuan I naik menjadi 95.Dilanjutkan dengan Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Talking Stick dari aspek guru pada siklus I pertemuan I memperoleh 83, pada pertemuan II naik menjadi 88 dan pada siklus II pertemuan I naik menjadi 94.Sedangkan aspek siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh 69, pada pertemuan II naik menjadi 83sdan pada siklus II pertemuan I naik menjadi 94.Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata nilai adalah 69, pada siklus I pertemuan II rata-rata nilai naik menjadi 76 dan pada siklus II pertemuan I rata-rata nilai naik menjadi 82.Dengan demikian, dapat disimpulkan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar,Cooperative Learning,Talking Stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:22
Last Modified: 25 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item
View Item