Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 05 Kayu Pasak Kabupaten Agam

Muthia, Vina Asri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 05 Kayu Pasak Kabupaten Agam. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VINA_ASRI_MUTHIA_95214_801_2013.pdf] Text
final_B1_6_VINA_ASRI_MUTHIA_95214_801_2013.pdf

Download (369kB)

Abstract

Dalam pembelajaran sifat-sifat bangun datar di Kelas V SDN 05 Kayu Pasak Kabupaten Agam terdapat permasalahan yang dihadapi, diantaranya adalah guru tidak membentuk kelompok diskusi, siswa tidak mau bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Siswa tidak dilibatkan dalam mengoreksi hasil latihan, sehingga siswa tidak mengetahui kelemahannya. Untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil pembelajaran sifat-sifat bangun datar dengan pendekatan belajar kooperatif tipe TAI.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru Kelas V SDN 05 Kayu Pasak Kabupaten Agam dan siswa kelas V SD terteliti.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN 05 Kayu Pasak. Perolehan skor rata-rata Siklus I pada penilaian perencanaan 73,21%, perencanaan Siklus II 85,71%. Pada pelaksanaan Siklus I penilaian aspek guru 80,20% dan aspek siswa 74,99%, Siklus II penilaian aspek guru 92,70% dan aspek siswa 90,62%. Untuk hasil belajar Siklus I pada aspek kognitif 69,68%, afektif 69,34%, psikomotor 70%. Siklus II rata-rata kognitif sebesar 88,12%, afektif 82,28%, psikomotor 85,09%. Dari hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa 50% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 93,75%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sifat-sifat Bangun Datar, Pendekatan Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:21
Last Modified: 25 Jul 2025 03:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item
View Item