Warni, Mella (2015) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Resitasi di Kelas VI SD Negeri 59 Payakumbuh Pakan Sinayan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELLA_WARNI_95566_90_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELLA_WARNI_95566_90_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELLA_WARNI_95566_90_2016.pdf
Download (379kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada pembelajaran IPA dimana guru kurang memberikan tugas kepada siswa baik berupa mencoba ataupun eksperimen. Permasalahan tersebut berdampak hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan metode Resitasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua siklus dengan instrument penelitian lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 59 Payakumbuh Pakan Sinayan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: (a) Perencanaan pada siklus I nilainya 83% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB), (b) Pelaksanaan siklus I aspek guru nilainya 82% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92% (SB) dan pelaksanaan siklus I aspek siswa nilainya 82% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92% (SB), (c) Hasil belajar siswa siklus I ratarata nilainya 75 (C) meningkat pada siklus II menjadi 85 (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 59 Payakumbuh Pakan Sinayan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Metode resitasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17319 |