Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berorientasi Chemistry Triangle Kelas X SMA/MA

Nurafni, Hutri Rahayu (2018) Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berorientasi Chemistry Triangle Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_HUTRI_RAHAYU_NURAFNI_14035077_4030_2018.pdf] Text
final_B1_07_HUTRI_RAHAYU_NURAFNI_14035077_4030_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pegembangan modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle memiliki kelebihan yaitu membantu peserta didik dalam hal memahami dengan baik pembelajaran kimia. Pembelajaran dengan menggunakan chemistry triangle membantu peserta didik mengingat konsep- konsep kimia pada materi ikatan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp (Preliminary Research, Prototyping Stage, dan Assesment Phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle divalidasi oleh 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 1 Gunung Talang. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 2 orang guru kimia dan 36 orang siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Hasil analisis lembaran validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,77, 0,90 dan 0,85. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Ikatan Kimia, Chemistry Triangle, Model Plomp
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:19
Last Modified: 25 Jul 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17306

Actions (login required)

View Item
View Item