Yani, Refita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Group Ivestigation (GI) di kelas V SDN 50 Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_REFITA_YANI_09549_803_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_REFITA_YANI_09549_803_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_REFITA_YANI_09549_803_2012.pdf
Download (811kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dan pengalaman peneliti mengajar di kelas V SDN 50 Kuranji, ditemukan bahwa guru jarang sekali menggunakan metode yang bervariasi. Guru dominan menggunakan metode ceramah, sering menyampaikan pelajaran secara kiasikal, kurang membimbing siswa dalam belajar kelompok, kurang memberikan motivasi, kurang memberikan kesempatan siswa untuk berintegrasi dengan temannya. Keadaan ini berdampak kepada siswa yang tidak aktif, kaku, tidak terbuka, tidak mampu belajar secara mandiri, kurang mengembangkan berbagai sikap dan nilai serta keterampilan sosial. Sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan metode pembelajaran pendekatan kooperatif tipe group investigation (GI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 50 Kecamatan Kuranji kota Padang, dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester II TP 2010/2011, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan alokasi waktu dalam setiap kali pertemuan 3 x 35 menit. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar IPS di kelas V SDN 50 Kecamatan Kuranji kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 66 dan siklus II meningkatkan menjadi 81 dengan persentase ketuntasan belajar 84%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II disebabkan perubahan aktivitas yang dilakukan oleh siswa maupun guru ke arah yang lebih baik, sehingga hasil belajar juga baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17305 |