Pengaruh Penerapan Lembar Kegiatan Siswa Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Peningkatan Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Padang

Suliati, Suliati (2016) Pengaruh Penerapan Lembar Kegiatan Siswa Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Peningkatan Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SULIATI_1205629_1701_2016.pdf] Text
B1_05_SULIATI_1205629_1701_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kompetensi yang belum tercapai secara optimal disebabkan oleh aktivitas belajar yang belum didominasi oleh siswa, model pembelajaran yang digunakan belum mampu menuntun siswa dalam memecahkan masalah dan penyelidikan ilmiah. Sumber belajar yang digunakan siswa saat ini masih didominasi materi yang mampu membangun kompetensi pengetahuan sedangkan pemberian materi sikap religius, sosial dan keterampilan belum ditekankan dalam lembar kegiatan siswa (LKS). Oleh sebab itu, perlu langkah pembenahan salah satunya dengan memilih LKS bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan LKS bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kompetensi Fisika siswa Kelas X SMAN 4 Padang. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design yaitu sampel dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 4 Padang Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Kompetensi sikap spiritual dan sosial diukur melalui lembar observasi, kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dan kompetensi keterampilan diukur menggunakan rubrik penilaian unjuk kerja. Data pada kompetensi sikap (spiritual dan sosial) dianalisis menggunakan uji t, pada kompetensi pengetahuan menggunakan uji t, analisis korelasi product moment serta analisis regresi dan untuk kompetensi keterampilan dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis data ketiga kompetensi menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, hal ini berarti terdapat perbedaan yang berarti dari kedua kelas sampel. Perbedaan ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Analisis korelasi Product Moment menunjukkan 63,968% kompetensi pengetahuan dipengaruhi oleh penerapan LKS bermuatan kecerdasan komprehensif dan sisanya 36,032% dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis regresi pada kompetensi pengetahuan menunjukkan hubungan yang kuat antara LKS bermuatan kecerdasan komprehensif dengan kompetensi pengetahuan siswa, secara statitistik sebesar 0,7998. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan LKS bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 4 Padang pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Siswa; Kecerdasan Komprehensif; Model Pembelajaran Inkuiri; Kompetensi Fisika; SMAN 4 Padang
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:18
Last Modified: 25 Jul 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17302

Actions (login required)

View Item
View Item