Sari, Lia Purnama (2012) Pengaruh Demonstrasi terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa dalam Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LIA PURNAMA SARI_86260.pdf [thumbnail of B1_6_LIA PURNAMA SARI_86260.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LIA PURNAMA SARI_86260.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demonstrasi terhadap
pencapaian kompetensi fisika siswa dalam model pembelajaran
problem based
instruction
(PBI) di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Hipotesis penelitian ini
adalah terdapat pengaruh yang berarti melalui demonstrasi dalam model
pembelajaran
problem based instruction (PBI) terhadap pencapaian kompetensi
fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian
berupa
Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok yang terdaftar pada semester II
tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian
ditentukan melalui teknik
Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh
adalah siswa kelas VIII
B
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII
sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa penilaian tertulis dan
rubrik penilaian untuk penilaian sikap dan penilaian kinerja. Teknik analisis data
penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk tes tertulis.
Hasil penelitian yang diperoleh pada penilaian tertulis adalah rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen 79,13 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,86.
Hasil analisis uji t, diperoleh t
hitung
= 1,82 dan t
= 1,67 pada taraf nyata 0,05,
berarti t
hitung
berada di luar daerah penerimaan H
tabel
o
D
, maka Hi diterima. Pada
penilaian sikap diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,59% lebih tinggi dari
kelas kontrol yaitu 70,61%. Pada penilaian kinerja diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 78,48% lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 77,67%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh demonstrasi terhadap
pencapaian kompetensi fisika siswa dalam model pembelajaran
problem based
instruction
(PBI) di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17294 |