Oktafani, Elfina (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Reading Pada Siswa Kelas V SDN 08 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_REFINA_0KTAFANI_90794_1270_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_REFINA_0KTAFANI_90794_1270_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_REFINA_0KTAFANI_90794_1270_2012.pdf
Download (716kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan dilapangan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran, masih dinemukan masalah-masalah yang menghambat proses membaca cepat siswa antara lain: cara siswa menjawab pertanyaan yang tidak sesuai dengan jawaban yang terdapat dalam teks yang dibacanya, dan juga terlihat bahwa siswa tidak mampu menyimpulkan isi bacaan dengan kalimatnya sendiri. Kenyataan ini terlihat disaat siswa membaca teks dengan teknik membaca cepat. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Quantum Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cepat dengan menggunakan pendekatan Quantum Reading pada siswa kelas V SD N 08 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pada pendekatan pembelajaran Quantum Reading ini kegiatan yang dilakukan antara lain: 1) prabaca, 2) saatbaca, 3) pascabaca. Tempat penelitian diadakan di Kelas V SD N 08 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, yang jumlah siswanya sebanyak 31 orang, jumlah siswa laki-laki 17 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 14 orang. Dari hasil penelitian telihat bahwa dengan menggunakan pendekatan Quantum Reading dapat meningkatkan kemampuan efektif membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas V SDN 08 Alang Lawas Kota Padang. Kemampuan Efektif Membaca siswa siklus I pertemuan I dengan rata-rata KEM 142 kata/meni, sedangkan perolehan penilaian pada tahap prabaca 54%, saatbaca 77%, dan pascabaca 50% terlihat kurang memuaskan. Sedangkan Kemampuan Efektif Membaca siklus I pertemuan II dengan rata-rata KEM 199 kata/menit, sedangkan perolehan penilaian pada tahap prabaca 75%, saatbaca 85%, dan pascabaca 71% sudah memuaskan. Selanjutnya Kemampuan Efektif Membaca siklus II sudah memuaskan dengan rata-rata KEM 206 kata/menit, perolehan nilai tahap prabaca 89%, saatbaca 88%, dan pascabaca 88%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca,Quantum Reading |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17293 |