Pengaruh Penerapan Handout Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang

Suharyadi, Suharyadi (2016) Pengaruh Penerapan Handout Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SUHARYADI_1201400_4324_2016.pdf] Text
B1_05_SUHARYADI_1201400_4324_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi yang dimiliki siswa. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menggunakan handout Fisika berorientasi model pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif yang diharapkan dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam memecahkan permasalahan permasalahan belajar dan mendorong siswa untuk menyajikan berbagai ide sehingga nantinya kompetensi siswa meningkat. Tujuan penelitian yaitu untuk menyelidiki pengaruh penerapan handout Fisika berorientasi model pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X SMAN 8 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas X SMAN 8 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi tiga kompetensi yaitu kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap, dan rubrik penilaian untuk kompetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji regresi serta korelasi. Uji kesamaan dua rata-rata dilakukan untuk nilai hasil belajar masing-masing kompetensi kedua kelas sampel. Uji regresi dan korelasi dilakukan untuk nilai hasil belajar kompetensi pengetahuan kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut pada kompetensi pengetahuan yaitu 82,96 dan 72,75, pada kompetensi sikap yaitu 78,76 dan 72,46, dan pada kompetensi keterampilan yaitu 83,86 dan 78,58. Data untuk kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, sehingga dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai thitung untuk kompetensi pengetahuan yaitu 3,10, kompetensi sikap yaitu 2,804, dan kompetensi keterampilan ialah 2,275 dengan nilai ttabel = 1,669. Persentase pengaruh handout Fisika berorientasi Pemecahan Masalah Kreatif terhadap pencapaian kompetensi Fisika siswa sebesar 33,40 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan handout Fisika berorientasi model pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif dapat meningkatkan pencapaian kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 8 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Handout Fisika; Pembelajaran Pemecahan Masalah; Kompetensi Siswa; SMA Negeri 8 Padang; Kreativitas; Model Pembelajaran
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:17
Last Modified: 25 Jul 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17290

Actions (login required)

View Item
View Item