Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat dengan Metode Pemberian Tugas di Kelas IV SD Negeri 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Victoria, Victoria (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat dengan Metode Pemberian Tugas di Kelas IV SD Negeri 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VICTORIA_52523_4659_2012.pdf] Text
final_B1_6_VICTORIA_52523_4659_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti mengajar di SD Negeri 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam menunjukkan bahwa pembelajaran pengurangan bilangan bulat siswa hanya menerima materi dari guru, sering tidak menyelesaikan tugas dengan baik dan hanya mencontek hasil pekerjaan temannya. Sehingga hasil belajar yang diperolehnya di bawah Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Untuk itu diperlukan metode belajar pengurangan bilangan bulat yang dapat merangsang siswa untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan mempertanggung jawaban tugasnya. Hal ini sesuai dengan karakteristik metode pemberian tugas yang merangsang siswa untuk aktif belajar, baik secara individual maupun kelompok, juga menanamkan tanggung jawab atas tugas yang dikerjakannya. Oleh karena itu, peneliti mengadakan peneltian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan bulat dengan metode pemberian tugas. Langkah-langkah metode pemberian tugas: (1) fase pemberian tugas, (2) fase pelaksanaan tugas, (3) fase mempertanggung jawaban tugas.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di bidang pendidikan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data ini diperoleh dari penilaian RPP, observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan hasil belajar, subjek penelitian adalah guru dan siswa SD Negeri 03 Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pelaksanaan tindakan ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dimulai dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.. Hasil belajar yang tergambar dari tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 63,8%, siklus I pertemuan 2 diperoleh 71,3% meningkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 81,8% dan siklus II pertemuan 2 diperoleh 91,3%. Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan metode pemberian tugas dapat diperoleh peningkatan hasil belajar pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 03 Pasar Bawan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pengurangan Bilangan Bulat, Metode Pemberian Tugas, Peneltian Tindakan Kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:17
Last Modified: 25 Jul 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

View Item
View Item