Noviani, Melisa (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELISA_NOVIANI_11863_2786_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELISA_NOVIANI_11863_2786_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELISA_NOVIANI_11863_2786_2016.pdf
Download (702kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas V SDN 25 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman masih dominan menggunakan pendekatan ceramah. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN 25 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman pada materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan Jenis penelitian ini yaitu PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 25 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah siswa 26 orang.. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa. Hasil penilaian perencanaan siklus I 75,% kriteria baik, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 89% kriteria sangat baik. Aktivitas guru siklus I 77% dengan kriteria baik, dan siklus II meningkat menjadi 93% kriteria sangat baik, aktivitas siswa siklus I 70,85% kriteria baik, dan siklus II meningkat menjadi 89,6% kriteria sangat Baik. Penelitian siklus I belum terlaksana dengan baik dan penelitian siklus II terlaksana dengan sangat baik, terbukti dari rata – rata skor perolehan yang meningkat siklus I yaitu 68 meningkat pada siklus II 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Model pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17283 |