Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Negeri 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Refdaweni, Refdaweni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Negeri 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_REFDAWENI_56743_2186_2014.pdf] Text
final_B1_6_REFDAWENI_56743_2186_2014.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada kelas IV SDN 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh yaitu : Guru menyampaikan pembelajaran secara monoton, Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri dalam kelompok belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil pembelajaran PKn di SDN 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan PBL adalah 65,5. Setelah menggunakan pendekatan PBL rata-rata nilai siklus I adalah 68,31 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 Jaruai, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:16
Last Modified: 25 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item
View Item