Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Musik Daerah di SMP N. 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

Nur, Sarifah (2016) Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Musik Daerah di SMP N. 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SARIFAH_NUR_12457_3301_2016.pdf] Text
final_B1_6_SARIFAH_NUR_12457_3301_2016.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill dalam pembelajaran musik daerah setempat pada kelas VII.2 SMP N 1Pariangan. Kegitan pembelajaran terdiri dari tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan sesuai dengan instrumen penelitian serta dilengkapi dengan studi pustaka dan observasi. Selanjutnya datadiseleksi dan dianalisis sesuai dengan masalah penelitian. Jenis penelitian adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2. Hasil penelitian menunjukkan metode drill yang dilaksanakan dalam mempelajari dan menyajikan lagu cak dindin melalui kegiatan latihan dan praktek belajar mengalami peningkatan yang signifikan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara bertahap, agar siswa dapat memainkan lagu cak dindin sesuai dengan ritme dan pola irama melalui kegiatan latihan kelompok. Melalui kegiatan latihan kelompok yang dilaksanakan, siswa dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran dengan aktivitas belajar kelompok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam belajar dan meningkatkan aktivitas serta minat siswa dalam pembelajaran musik daerah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talempong pacik, cak dindin dan metode drill
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:16
Last Modified: 25 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item
View Item