Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Simpang Kapuak Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota

Kurniati, Reda (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Simpang Kapuak Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_REDA_KURNIATI_56663_2115_2013.pdf] Text
final_B1_6_REDA_KURNIATI_56663_2115_2013.pdf

Download (500kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru kelas VI SD Negeri 01 Simpang Kapuak, keterampilan menulis siswa masih rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan guru belum menggunakan strategi yang bersifat membangun pengetahuan siswa dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi menulis ringkasan dari teks yang dibaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar menulis ringkasan siswa dengan menggunakan strategi peta konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran yang digunakan yakni dengan strategi peta konsep. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan mengikuti langkah-langkah strategi peta konsep untuk menciptakan aktivitas belajar yang dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan. Subjek penelitian ini adalah 23 orang siswa dan guru kelas VI SD Negeri 01 Simpang Kapuak. Data penelitian ini diperoleh dari hasil belajar dan observasi. Dari hasil penelitian terlihat peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dari setiap siklus yang dilaksanakan. Pada pelaksanaan siklus I dari aspek siswa diperoleh nilai dengan persentase 90,11% meningkat menjadi 97,5% pada siklus II. Pada aspek guru meningkat dari 95,19% menjadi 100% pada siklus II. Dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I di peroleh nilai 72,98. Mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,84. Dengan demikian, pembelajaran menulis ringkasan dari teks yang dibaca dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 01 Simpang Kapuak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis ringkasan, strategi peta konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:16
Last Modified: 25 Jul 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17273

Actions (login required)

View Item
View Item