Putri, Suci Indah (2018) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Konten Nilai Kecerdasan Sosial Materi Vektor dan Gerak Lurus untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SUCI_INDAH_PUTRI_14033102_2651_2018.pdf [thumbnail of B1_05_SUCI_INDAH_PUTRI_14033102_2651_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SUCI_INDAH_PUTRI_14033102_2651_2018.pdf
Download (7MB)
Abstract
Proses pembelajaran Fisika perlu dilengkapi dengan bahan ajar yang sesuai dengan implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memuat empat macam kompetensi inti, yaitu kompetensi inti sikap spiritual (KI1), sikap sosial (KI2), pengetahuan (KI3), dan keterampilan (KI4). Kompetensi sikap sosial merupakan salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada bahan ajar Fisika. Bahan ajar Fisika yang digunakan di sekolah belum memuat nilai-nilai kecerdasan sosial yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Solusi alternatif dari permasalahan ini adalah pengembangan bahan ajar fisika dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial berdasarkan pemaknaan materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial pada materi vektor dan gerak lurus yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah pengembangan yang dilakukan berpedoman pada sepuluh langkah R&D yang dikemukakan oleh Sugiyono. Objek dari penelitian ini adalah bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial yang diujicobakan kepada peserta didik kelas X SMA Adabiah Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji kepraktisan menurut guru dan peserta didik, serta lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar dan lembar penilaian sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan satu kelompok sampel. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat tiga hasil penelitian. Pertama, deskripsi produk didapatkan bahwa bahan ajar dengan konten kecerdasan sosial merupakan bahan ajar yang menyajikan nilai sikap sosial berdasarkan konsep fisika. Kedua, bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial memiliki nilai validitas yang tinggi yaitu 89,3. Ketiga, penggunaan bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial adalah praktis menurut guru fisika dan peserta didik masing-masing dengan nilai 91,1 dan 76,2. Bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; Fisika; Nilai Sosial; Vektor; Gerak Lurus; Kurikulum 2013; Siswa SMA |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17263 |