Hubungan Antara Disiplin dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Pengelasan di kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang

Luthfi, Ahmad (2016) Hubungan Antara Disiplin dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Pengelasan di kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_AHMAD_LUTHFI_55486_676_2017.pdf] Text
final_B1_07_AHMAD_LUTHFI_55486_676_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan disiplin, hasil belajar, dan hubungan antara disiplin dengan hasil belajar siswa mata pelajaran teknik oengelasan di kelas X TP SMK Negeri 1 Padang. Berdasarkan observasi dan pengamatan yang telah dilakukan dalam proses belajar mengajar selama PLK di SMK Negeri 1 Padang Jurusan Teknik Pemesinan, terlihat disiplin siswa tersebut sangat kurang, seperti terlambat masuk kelas, tidak membuat tugas, tidak tertib pada saat proses pembelajaran, tidak memperhatikan guru saat menerangkan, keluar masuk pada saat jam pelajaran, suka bolos, tidak berminat mengikuti pelajaran dan tidak berada di lingkungan sekolah pada saat jam pelajaran. Di samping itu jika dilihat dari hasil belajar siswa, sebagian besar nilai yang diperoleh masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh Sekolah Penelitian ini tergolong pada penelitian korelasi, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel (X) terhadap variabel (Y) serta bentuk hubungan yang terjadi, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan di Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah sebanyak 97 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan menggunakan teknik stratified random sampling didapatkan lah sampel sebanyak 55 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji korelasi. Dari hasil korelasi sederhana disiplin belajar siswa (X) dan hasil belajar (Y) dengan r hitung = 0.300. setelah dilakukan analisis nilai r di lanjutkan dengan uji-t, didapat nilai t hitung > t (2,292 > 2.006). maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara disiplin dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pengelasan di kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi disiplin belajar siswa maka hasil belajar yang diperoleh akan semakin baik, begitu juga sebaliknya jika semakin rendah disiplin belajar siswa maka hasil belajar juga akan rendah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:36
Last Modified: 25 Jul 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17261

Actions (login required)

View Item
View Item