Deswita, Sari (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Show Not Tell Bagi Siswa Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SARI_DESWITA_54315_4081_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SARI_DESWITA_54315_4081_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SARI_DESWITA_54315_4081_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh, siswa kesulitan mengungkapkan gagasannya dalam bentuk tulisan, mengimajinasikan gagasannya ke dalam bentuk puisi dengan pilihan kata yang tepat, kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil karyanya pada orang lain sehingga keterampilan menulis puisi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan teknik Show Not Tell bagi siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang yang meliputi (1) tahap prapenulisan, (2) tahap penulisan, dan (3) tahap pasca penulisan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai praktisi dan siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang yang berjumlah 26 orang. Siswa laki-laki 17 orang dan siswa perempuan 9 orang. Data yang dikumpulkan melalui prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap pasca penulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang meningkat. Kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan teknik Show Not Tell dari aspek guru pada siklus I diperoleh keberhasilan 66,7 % dan pada siklus II 87,0 %. Dari aspek siswa pada siklus I diperoleh keberhasilan 62,0 % dan pada siklus II 83,4 %. Penilaian pembelajaran menulis puisi dengan teknik Show Not Tell pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa tahap prapenulisan 68,9, tahap penulisan 69,0, dan tahap pasca penulisan 68,9. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa tahap prapenulisan 80,5, tahap penulisan 80,8, dan tahap pasca penulisan 80,2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Show Not Tell dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Puisi, Teknik Show Not Tell |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17257 |