Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan menggunakan Teknik Mind Map Di Kelas IVD SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.

Melia, Melia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan menggunakan Teknik Mind Map Di Kelas IVD SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MELIA_56712_4186_2012.pdf] Text
final_B1_6_MELIA_56712_4186_2012.pdf

Download (373kB)

Abstract

IPS bertujuan untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan, dan lingkungannya, serta berbagai bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi”. Namun kenyataan yang penulis temukan di SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang, dalam pembelajaran IPS lebih menekankan siswa untuk menghafal. Guru lebih cenderung berceramah, terfokus pada buku paket, kurang mengaitkan pengalaman siswa dengan pembelajaran, kurang bervariasi menggunakan metode, media dan belum pernah menggunakan Teknik Mind Mapp. Mereka hanya mengharapkan siswa duduk, diam, mencatat, mendengarkan dan menghafal sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan motivasi siswa untuk belajar menjadi berkurang, siswa ribut dan sering keluar kelas sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa. Akibatnya tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan yaitu kuantitatif, penelitian ini dilakukan 2 siklus: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil tes setiap tindakan dalam pembelajaran IPS. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan pembelajaran IPS dengan menggunakan Teknik Mind Map tentang Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IVD SD meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengamatan aspek guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menujukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik Mind Map, hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru merancang pembelajaran dari 79% menjadi 95,8%, aktivitas guru dari 75% menjadi 94%, aktivitas siswa dari 75% menjadi 91,6%. Dan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan persentase ketuntasan 48%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 63%, dan pada siklus II pertemuan I adalah 81%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Teknik Mind Map
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:35
Last Modified: 25 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17254

Actions (login required)

View Item
View Item