Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas V SD Islam Darul Makmur Kabupaten Agam

Amelia, Sari (2012) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas V SD Islam Darul Makmur Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SARI_AMELIA_93681_2382_2012.pdf] Text
final_B1_6_SARI_AMELIA_93681_2382_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD Islam Darul Makmur Kab. Agam bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru bidang studi PKn kurang kreatif dalam memfariasikan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan yang konvensional, dimana guru selalu berperan aktif sementara siswa hanya menerima informasi dari guru, siswa kurang mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan sesama teman lainnya dan siswa kurang kreatif dalam menyampaikan pendapat-pendapatnya, sehingga pembelajaran menjadi monoton yang akibatnya hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Upaya untuk memperbaiki kondisi pembelajaran PKn di SD Islam Darul Makmur perlu diadakan PTK melalui kolaborasi dengan rekan sejawat selaku guru bidang studi PKn di SD Islam Darul Makmur. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT. Pendekatan kooperatif tipe NHT merupakan pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 3 sampai 5 orang siswa dalam kelompok yang heterogen. Pendekatan pembelajaran ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu (1) tahap penomoran, (2) tahap mengajukan pertanyaan, (3) tahap berfikir bersama, (4) tahap menjawab. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2011/ 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Islam Darul Makmur yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dilakukan pada penilaian proses pada siklus I pertemuan I dengan ketuntasan klasikal yaitu 56% meningkat menjadi 75% pada peretemuan II siklus I. Begitu juga pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe NHT dapat meningkatkah hasil belajar siswa kelas V SD Islam Darul Makmur dalam mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:35
Last Modified: 25 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17252

Actions (login required)

View Item
View Item