Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Pecahan Biasa Menggunakan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas V SD Pius Payakumbuh

Teja, Veronika (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Pecahan Biasa Menggunakan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas V SD Pius Payakumbuh. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VERONIKA_TEJA_50801_4100_2012.pdf] Text
final_B1_6_VERONIKA_TEJA_50801_4100_2012.pdf

Download (522kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti mengajar di kelas V SD PIUS Payakumbuh, proses pembelajaran pada pembagian bilangan pecahan biasa kurang tepat, sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah, menjelaskan konsep diikuti dengan pemberian contoh, kemudian siswa mengerjakan latihan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Rancangan pembelajaran pembagian bilangan pecahan biasa dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas V SD PIUS Payakumbuh, (2) Pelaksanaan pembelajaran pembagian bilangan pecahan biasa, dan (3) Peningkatan hasil belajar pembagian bilangan pecahan biasa setelah menggunakan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas V SD PIUS Payakumbuh.
Hasil penelitian dapat disimpulkan adalah sbb. : (1) Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dibagi dalam tiga tahap yaitu : kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir. Pada kegiatan awal dilaksanakan dengan melakukan apersepsi, kegiatan inti dengan menggunakan tahap-tahap pendidikan matematika realistik, serta pada kegiatan akhir dilaksanakan penyimpulan pelajaran, pemberian latihan soal pada siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran pembagian bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa disesuaikan dengan tahap-tahap pendekatan pendidikan matematika realistik yaitu : pada kegiatan awal dilaksanakan apersepsi, kegiatan ini terdiri dari : tahap pendahuluan (mengeksplorasi dunia nyata), tahap pengembangan model simbolik (matematisasi dan refleksi), tahap penjelasan dan alasan (abstraksi dan formalisasi), tahap penutup (matematisasi aplikasi), setiap proses pembelajaran berakhir dilaksanakan penyimpulan dan pemberian latihan pada siswa, tindak lanjut yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Evaluasi materi diberikan pada pertemuan selanjutnya. (3) Dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam pembelajaran pembagian bilangan pecahan biasa, hasil belajar siswa kelas V SD PIUS Payakumbuh sudah meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari skor aspek afektif siswa pada pertemuan 1 siklus I adalah 79 % dan pada pertemuan 2 siklus I adalah 85 % dan siklus II meningkat menjadi 87 %. Skor aspek psikomotor siswa pertemuan 1 siklus I adalah 75 %, pertemuan kedua 81 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 85 % skor aspek kognitif siswa pada pertemuan 1 siklus I adalah 68 %, pertemuan kedua 76 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 85 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Matematika Realistik (PMR).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:35
Last Modified: 25 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17250

Actions (login required)

View Item
View Item