Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TAV SMKN 1 Guguak

Oktarini, Sri Vidianti (2018) Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TAV SMKN 1 Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SRI_VIDIANTI_OKTARINI_14065011_3579_2018.pdf] Text
B1_05_SRI_VIDIANTI_OKTARINI_14065011_3579_2018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Pendekatan Saintifik Discovery Learning dan Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Kec. Guguak. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen 1 adalah X TAV 2 menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dan kelas eksperimen 2 adalah X TAV 1 menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai rata-rata 84,25, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai rata-rata 80,58. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan dengan uji dua belah pihak, dimana t > ttabel atau t < -ttabel, dimana 3,054> 2,037 atau -3,054< -2,037 maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut, didapatkan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Pendekatan Saintifik Discovery Learning dan Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Kec. Guguak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Discovery Learning, Think Pair and Share.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:34
Last Modified: 25 Jul 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item
View Item