Marlina, Meli (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 13 Guguak Randah Kecamatan IV Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELI_MARLINA_95283_2182_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELI_MARLINA_95283_2182_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELI_MARLINA_95283_2182_2016.pdf
Download (932kB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang penelitian, dijelaskan dalam proses pembelajaran 2014/2015, guru belum melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL)di kelas IV SDN 13 Guguak Randah Kecamatan IV Koto Kab Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, non tes, dan pengamatan. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan hasil belajar di sekolah dasar dalam pembelajaran IPS dengan rata-rata pada siklus I RPP71,43% (cukup) dan siklus II menjadi 89,29% ( baik). Pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru siklus I adalah 76,39% (cukup)dan siklus II menjadi 86,11% (baik). Pada aktifitas siswa siklus I adalah 72,23% ( cukup)dansiklus II menjadi 83,33% ( baik). Hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 70,53(cukup)dansiklus II menjadi 82,82(baik). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPSdengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)di kelas IV SD Negeri 13 Guguak Randah Kecamatan IV Koto dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPS Contextual, Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17245 |