Mariati, Meli (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik di Kelas IV SD Negeri 03 Lagan Gadang Hilir Kecamatan Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELI_MARIATI_93761_4772_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELI_MARIATI_93761_4772_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELI_MARIATI_93761_4772_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru kurang membangun pengetahuan siswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan konstruktivistik di kelas IV SDN 03 Lagan Gadang Hilir. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN 03 Lagan Gadang Hilir yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I diperoleh tingkat pencapaian 75% (B) dan siklus II meningkat menjadi 87,5% (B), b) pengamatan aspek guru siklus I adalah 77,1% (B) dan siklus II meningkat menjadi 93,8% (SB), sedangkan pengamatan aspek siswa siklus I adalah 75% (B) pada siklus II meningkat menjadi 89,6% (SB) dan c) nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68 (C) meningkat menjadi 76 (B) pada siklus II meliputi: aspek afektif siklus I adalah 66,2 (C) dan siklus II meningkat menjadi 74,8 (B), aspek psikomotor siklus I adalah 68,7 (C) dan siklus II meningkat menjadi 75,5(B), aspek kognitif siklus I adalah 69,4 (C) dan siklus II meningkat menjadi 77,0 (B). Dengan demikian, pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 03 Lagan Gadang Hilir.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan konstruktivistik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17241 |