Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layanglayang dengan Pendekatan Discovery di Kelas V SDN 06 Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi

Syukriana, Vera (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layanglayang dengan Pendekatan Discovery di Kelas V SDN 06 Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VERA_SYUKRIANA_93792_780_2012.pdf] Text
final_B1_6_VERA_SYUKRIANA_93792_780_2012.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di lapangan yang ditemui di SD Negeri 06 Pulai Anak Air bahwa guru lebih mendominasi pembelajaran tanpa mengikut sertakan keaktifan siswa dalam pembelajaran, guru selalu memberikan hafalan rumus kepada siswa, dan guru monoton dalam menyampaikan materi. Hal ini sangat berdampak sekali bagi siswa, siswa tidak percaya pada diri sendiri, kemampuan siswa tidak berkembang, kurangnya gairah belajar siswa, siswa tidak termotivasi untuk belajar lebih giat, pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa, siswa merasa pembelajaran kurang bermakna, siswa tidak aktif dalam pembelajaran, siswa merasa bosan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan, minat belajar siswa menjadi kurang, dan cemas dalam pembelajaran. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk rancangan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang dengan pendekatan discovery di kelas V SD Negeri 06 Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi.
Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan discovery yaitu adalah pendekatan pembelajaran yang memerlukan proses mental dan menganggap siswa sebagai suatu individu yang bisa berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Langkah-langkah pembelajaran discovery adalah: 1) orientasi, 2) merumuskan masalah, 3) merumuskan hipotesis, 4) menguji hipotesis, 5) menganalisis dan menyajikan data dalam bentuk laporan atau kesimpulan dan, 6) mengaplikasikan kesimpulan dalam kehidupan sehari-hari.
Dari hasil yang telah peneliti lakukan, pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65,5 atau 50%, siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mencapai 71 atau 65 % dan terus mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I yaitu diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mencapai 78,5 atau 75 %, sedangkan siklus II pertemuan II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mencapai 84 atau 85 %

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Luas Trapesium, Luas Layanglayang, Pendekatan Discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:32
Last Modified: 25 Jul 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item
View Item