Septaria, Veny Buma (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pembagian dengan Pendekatan Problem Solving di Kelas II SD Negeri 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_VENY_BUMA_SEPTARIA_52389_531_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_VENY_BUMA_SEPTARIA_52389_531_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_VENY_BUMA_SEPTARIA_52389_531_2013.pdf
Download (726kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran pembagian di kelas masih berpusat kepada guru. Sehingga berlangsung pembelajaran yang membosankan. Tentu hasil belajar siswa juga rendah. Menyikapi permasalahan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Disini peneliti menggunakan pendekatan Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pembagian dengan pendekatan Problem Solving di kelas II SD Negeri 55 Batang Piarau Lubuk Basung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan, kegiatan tindakan, dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana masing- masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru kelas, dan siswa kelas II yang berjumlah 20 orang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2011/ 2012.
Hasil penelitan yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pembagian dengan menggunakan pendekatan Problem Solving. Pada siklus I perolehan skor rata-rata untuk perencanaan 80% dengan kategori baik, pelaksanaan dari aspek guru perolehan skor rata-rata 75% dengan kategori cukup, aspek siswa skor rata-rata 65,6% dengan kategori kurang, sedangkan hasil belajar skor rata-rata 63,3% dengan kategori kurang. Siklus II perolehan skor rata-rata untuk perencanaan 90% dengan kategori sangat baik, pelaksanaan aspek guru skor rata-rata 90,6% dengan kategori sangat baik, aspek siswa skor rata-rata 84,4% dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar skor rata-rata 87,5% dengan kategori baik. Dari hasil perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar tersebut terbuktilah bahwa penggunaan pendekatan Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Problem Solving. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17229 |