Putri, Venny Eka (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V SD Negeri 19 Koto Tuo Sealatan Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_VENNY_EKA_PUTRI_56964_542_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_VENNY_EKA_PUTRI_56964_542_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_VENNY_EKA_PUTRI_56964_542_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SDN 19 Koto Tuo Selatan Kecamatan IV Koto bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami konsep IPA karena belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat akibatnya pembelajaran kurang menyenangkan bagi siswa terbukti dari nilai IPA masih rendah. Untuk itu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 19 Koto Tuo Selatan dengan jumlah siswa 20 orang, terdiri dari 7 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Penelitian ini silaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase RPP pada siklus I adalah 69,5 % dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 89% (sangat baik). Aktivitas guru pada siklus I adalah 70% (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,5% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada aspek (kognitif, psikomotor) pada siklus I memperoleh nilai 72 dan pada siklus II memperoleh nilai 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 19 Koto Tuo Selatan Kecamatan IV Koto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Kontruktivisme. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17227 |