Aulanda, Ghina (2021) Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Seni Musik pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_GHINA_AULANDA_17023059_3103_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_GHINA_AULANDA_17023059_3103_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_GHINA_AULANDA_17023059_3103_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan blended
learning terhadap hasil belajar seni musik menjadi berbeda, yaitu dengan cara
menganalisis perbedaan hasil belajar menjadi lebih tinggi setelah dilaksanakannya
Blended Learning dengan tersingkronisasi pada pembelajaran seni budaya di
Kelas XI-MIPA2 SMAN 3 Bukittinggi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI, sementara
sampelnya ada pada 36 siswa kelas XI-MIPA2 yang menjadi kelas eksperimen
dan 36 siswa kelas XI-MIPA6 yang menjadi kelas kontrrol. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cluster sampling. Sedangkan untuk menguji perbedaan
pengaruh hasil belajar dari perlakuan pembelajaran berbeda dilakukan dengan ujit
sebagai uji perbedaan signifikasi rerata kelas, dari hasil posttest di kelas
eksperimen dan kontrol.
Hasil penelitian membutikan bahwa dengan diperolehnya nilai t-hitung pada
skor 7,625 yang dibandingkan dengan t-tabel pada skor 1,68957 menggunakan
program SPSS versi 16, maka pada hitungan α = 0,05 dan df = 35, hasil
perhitungan perbedaan rerata hasil belajar adalah signifikan. Karena nilai t-hitung
pada skor = 7,625 lebih besar dari nilai t-tabel di 1,68957. Artinya thitung > ttabel.
Sehingga hipotesis kerja (H1) penelitian diterima, sedangkan hipotesis nihilnya
(H0)-nya ditolak.
Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melaksanakan blended
learning dengan cara tersingkronisasi (synchronous) berpengaruh terhadap hasil
belajar seni musik siswa pada kelas XI IPA SMAN 3 Bukittinggi menjadi lebih
tinggi daripada menggunakan blended learning tidak tersingkronisasi (asynchronous).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Seni Musik, Blended Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 19:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17221 |