Pengembangan E-modul Asam dan Basa Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Kelas XI SMA/MА

Listia, Herfina (2022) Pengembangan E-modul Asam dan Basa Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Kelas XI SMA/MА. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_HERFINA_LISTIA_17035012_4639_2022.pdf] Text
final_B1_07_HERFINA_LISTIA_17035012_4639_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asam dan basa merupakan salah satu materi pembelajaran kimia yang dipelajari pada kelas XI SMA/MA. Materi asam dan basa bersifat kontekstual dan memiliki banyak relevansi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, materi asam dan basa merupakan materi prasyarat untuk mempelajari beberapa materi kimia lainnya. Oleh karena itu, diperlukan model atau strategi pembelajaran dan bahan ajar yang tepat. Salah satunya adalah penggunaan e-modul berbasis contextual teaching and learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul asam dan basa berbasis contextual teaching and learning untuk kelas XI SMA/MA dan menganalisis tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas e-modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design research. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap pembentukan prototipe (prototyping phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Tahap penilaian (assesment phase) tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan emodul mempunyai nilai validitas konten, konstruk, dan media berturut-turut 0,87, 0,88, dan 0,89 dengan kategori valid, praktikalitas menurut guru 88,52% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas menurut peserta didik 85,10% dengan kategori praktis. Rata-rata nilai N-gain untuk uji efektivitas adalah 0,7 dengan kategori efektivitas tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Asam dan Basa, Contextual Teaching and Learning, Model Pengembangan Plomp, Educational Design Research
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:50
Last Modified: 24 Jul 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item
View Item