Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 14 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman

Deswanto, Vebi (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 14 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VEBI_DESWANTO_93543_744_2014.pdf] Text
final_B1_6_VEBI_DESWANTO_93543_744_2014.pdf

Download (380kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 14 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman dan wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri 14 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, kemampuan siswa dalam menulis pantun belum memuaskan dan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih bersifat konvensional. Sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis pantun dengan pendekatan Contextual Teaching and learning (CTL) bagi siswa kelas IV SD Negeri 14 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 14 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi, penilaian hasil belajar siswa dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar menulis siswa kelas IV SDN 14 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan pendekatan CTL. Hasil rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa dari sikus I yaitu kegiatan aspek guru 83,33% dengan kritria baik, kegiatan aspek siswa 72,91% dengan kriteria cukup, rata-rata nilai siswa 74 kriteria cukup, sedangkan pada siklus II untuk kegiatan aspek guru 95,83% dengan criteria sangat baik. Kegiatan aspek siswa 95,83% dengan criteria sangat baik, nilai rata-rata siswa yaitu 87 dengan kriteria sangat baik. Untuk persentase ketuntasan kelas pada siklus I yaitu 70% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II yaitu 90% dengan kriteria sangat baik, dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan menulis pantun dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Menulis, CTL, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:51
Last Modified: 24 Jul 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17215

Actions (login required)

View Item
View Item