Pengaruh Penerapan Mastery Learning dengan Teknik Tutor Teman Sebaya terhadap Ketuntasan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung

Sari, Ira Permata (2012) Pengaruh Penerapan Mastery Learning dengan Teknik Tutor Teman Sebaya terhadap Ketuntasan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IRA_PERMATA_SARI_84090_975_2012(Autosaved).pdf] Text
B1_6_IRA_PERMATA_SARI_84090_975_2012(Autosaved).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berbasis kompetensi mengisyaratkan bahwa pembelajaran di sekolah adalah pembelajaran tuntas (mastery learning) yang berorientasi pada aktivitas siswa. Pada kenyataannya, pembelajaran disekolah masih belum melibatkan siswa secara aktif. Selain itu, siswa cenderung menerima tanpa melihat secara langsung hasil pembelajaran yang diikutinya serta pembelajaran belum membuka wawasan berfikir untuk memecahkan masalah dan mengkaitkannya dalam kehidupan nyata sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar Fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan mastery learning dengan teknik tutor teman sebaya terhadap ketuntasan belajar siswa dalam mata pelajaran fisika kelas X di SMA N 3 Lubuk Basung. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar pada semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pada ranah kognitif adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal objektif. Instrumen hasil belajar yang digunakan setelah melalui uji coba dengan rxy = 0,78 dengan kriteria tinggi. Ranah afektif melalui lembar observasi. Teknik analisis data pada ranah kognitif menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan data dan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa rata-rata pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 67,8 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 64,7. Pencapaian hasil belajar fisika siswa pada ranah afektif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari perbandingan proporsi skor antara kedua kelas. Perhitungan uji kesamaan dua rata-rata pada ranah kognitif diperoleh thitung = 1,771 > ttabel = 1,72. Hasil ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan mastery learning dengan teknik tutor teman sebaya terhadap ketuntasan belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif di kelas X SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN MASTERY LEARNING, TEKNIK TUTOR TEMAN SEBAYA, KETUNTASAN BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN FISIKA K
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:45
Last Modified: 24 Jul 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17208

Actions (login required)

View Item
View Item