Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 25 Kinali

Samsijar, Samsijar (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 25 Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SAMSIJAR_58348_4478_2012.pdf] Text
final_B1_6_SAMSIJAR_58348_4478_2012.pdf

Download (759kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 25 Kinali Kab. Pasaman Barat. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran IPA guru belum mengaitkan pengalaman siswa yang berhubungan dengan dunia nyata. Akibatnya siswa belum terlatih dalam kegiatan menemukan sendiri dan masyarakat belajar. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPA ddi kelas V SD Negeri 25 Kinali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam kelas (class action research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatgan, dan 4) Refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai obsever. Data penelitian ini berupa data RPP, aspek guru dan aspek siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 25 Kinali. Hasil penelitian siklus I pada pelaksanaan aspek guru 63% dan dari aspek siswa 61%. Hasil belajar siswa pada siklus I dari ketiga aspek penilaian berupa aspek afektif, kognitif, dan psikomotor diperoleh nilai rata-rata 66,3 sedangkan pada siklus II pada pelaksanaan aspek guru 93% dan aspek siswa 92,7% sedangkan dari ketiga aspek tersebut 80,65. Dengan demikian penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 25 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:35
Last Modified: 24 Jul 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item
View Item