Salmiati, Salmiati (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas V MIN Kampung Dadok Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SALMIATI_1110660_1196_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SALMIATI_1110660_1196_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SALMIATI_1110660_1196_2014.pdf
Download (395kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya nilai hasil belajar di kelas V MIN Kampung Dadok . Dalam kegiatan pembelajaran guru tidak memberikan rumusan masalah yang pasti. Guru juga mengajar terlalu cepat, sehingga siswa tidak memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Tujuan umum penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar pembeljaran IPS dengan menggunkan pendekatan Problem Based Learning di kelas V MIN Kampung Kecmatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN Kampung Kecmatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. dengan jumlah 20 siswa. Penelitian dilaksanakan tiga kali pertemuan dalam II siklus,. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, RPP Siklus I rata-rata 74,9% dan siklus II meningkat menjadi 92,8 %, aktivitas guru siklus I rata-rata 76,25 %, siklus II meningkat menjadi 97,5 %, aktivitas siswa siklus I rata-rata 72,5 %, siklus II meningkat menjadi 95 %, serta siklus I nilai tes hasil belajar kognitif 72,5, siklus II meningkat menjadi 94. Pada aspek afektif siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,3, siklus II meningkat menjadi 92 Pada aspek psikomotor siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,65, siklus II meningkat menjadi 86,6. Disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN Kampung Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:41 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17197 |