Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Kota Padang

Saldewi, Saldewi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di Kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SALDEWI_KORASNI_95518_2012.pdf] Text
final_B1_6_SALDEWI_KORASNI_95518_2012.pdf

Download (219kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V
SD Negeri 06 Kampung Lapai disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru
(teacher center). Guru menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran
sehingga siswa kurang terlibat secara aktif. Salah satu upaya untuk meningkatkan
hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk
perencanaan, pelaksanaaan, dan hasil pembelajaran PKn pada siswa kelas V
SD
Negeri 06 Kampung Lapai Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kulalitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan dua
siklus. Prosedur peneitian ini terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai
guru praktisi dan siswa kelas V
SD Negeri 06 Kampung Lapai yang terdaftar pada
semester 1 tahun ajaran 2011-2012. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan
tes.
B
Hasil analisis data tentang rencana pembelajaran pada siklus I diperoleh sebesar
70%. Sedangkan hasil rata-rata dari pengamatan aspek guru siklus I diperoleh hasil
sebesar 58,92%. Sementara itu rata-rata hasil analisis pengamatan yang diperoleh dari
aspek siswa siklus I diperoleh sebesar 64,29%. Sementara itu hasil belajar siswa pada
siklus I diperoleh 67,63%. Hasil analisis data yang diperoleh mengalami peningkatan
pada siklus II dimana pada siklus II rata-rata rencana pembelajaran yang diperoleh
adalah 85%, sedangkan rata-rata pengamatan aspek guru siklus II adalah 83,93% dan
rata-rata hasil pengamatan aspek siswa diperoleh hasil 86,71%. Hasil analisis yang
diperoleh hasil belajar siswa pada siklus II adalah 81,98 %. Berdasarkan hasil yang
diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:25
Last Modified: 24 Jul 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17192

Actions (login required)

View Item
View Item