Yandwi, Fragaria Vesca (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Tari di SMP Negeri 2 Kota Solok : Studi Kasus pada Guru yang Tidak Berkualifikasi Seni Budaya dengan Ijazah Guru Mata Pelajaran. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FRAGARIA_VESCA_YANDWI_1201141_1139_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_FRAGARIA_VESCA_YANDWI_1201141_1139_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FRAGARIA_VESCA_YANDWI_1201141_1139_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dan
pelaksanaan pembelajaran seni budaya tari.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru seni
budaya dan pelajaran seni budaya bidang tari dikelas VII. Jenis data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder data primer mencakup: a) proses
belajar mengajar, b) evaluasi, c) hasil belajar. Data sekunder terdiri dari teori-teori
yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, dan konten materi seni tari. Teknik
pengumpulan data dilakukann melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Analisis dilakukan melalui klasifikasi data, deskripsi, dan analisis, serta simpulan.
Berdasarkan analisis perangkat pembelajaran ditemukan hasil yang
mencakup RPP, implementasi, hasil belajar siswa, teknik/ kriteria penilaian.
Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diambil
kesimpulan, guru dalam menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran sudah
sesuai dengan tuntutan kurikulum tetapi dalam penyelenggaraan seni tari belum
sepenuhnya mengacu kepada tuntutan kurikulum yang mencakup: 1) RPP, 2)
metode, 3) suasana kelas, 4) media pembelajaran, 5) materi pembelajaran, 6)
pendekatan pembelajaran, 7) strategi pembelajaran 8) evaluasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:25 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17191 |