Sakban, Sakban (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Problem Solving di kelas IV SD Negeri 17 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SAKBAN_58377_46_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SAKBAN_58377_46_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SAKBAN_58377_46_2013.pdf
Download (475kB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi pengalaman peneliti selama mengajar di kelas IV SDN 17 Lembah Melintang, bahwa pembelajaran Operasi Bilangan Bulat dengan Standar Kompetensi menggunakan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pemecahan masalah dan Kompetensi Dasar menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ), KKM adalah 65. Pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran dengan pendekatan problem solving dengan langkah – langkah (1) Memahami masalah,(2) Merumuskan masalah,(3)Solusi masalah dan memilih solusi,(4) Mengambil kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar operasi bilangan bulat dengan pendekatan problem solving dikelas IV SDN 17 Lembah Melintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi aktivitas guru, siswa, dan tes hasil pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang dan satu observer. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil tes kognitif, afektif, psikomotor siklus I rata – rata nilai siswa 63,7, sedangkan pada siklus II rata – rata nilai siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah 80,08. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Operasi bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 17 Lembah Melintang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Operasi Bilangan Bulat, Pendekatan Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:25 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17190 |