Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Discovery di Kelas IV SDN 31 Batang Barus Kabupaten Solok.

Suryani, Len (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Discovery di Kelas IV SDN 31 Batang Barus Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LEN_SURYANI_95431_1748_2013.pdf] Text
B1_6_LEN_SURYANI_95431_1748_2013.pdf

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Siswa pada
pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 31 Batang Barus Kabupaten Solok. Hal
tersebut disebabkan karena, guru cenderung menggunakan pendekatan
konvensional dari awal sampai akhir pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif,
tidak mampu mengamati, mencerna, menggolong-golongkan, membuat dugaan,
menjelaskan, mengukur dan membuat kesimpulan dalam usaha memahami suatu
materi. Sedangkan jumlah murid yang sedikit sangat memungkinkan untuk
menggunakan pendekatan discovery yang mendorong siswa untuk menemukan
langsung sehingga lebih memahami materi pelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
dalam empat tahap. Tahap pertama dan kedua merupkan siklus I, sedangkan
tahap ketiga dan keempat merupakan siklus II. Langkah-langkah penelitian
menggunakan Pendekatan Discovery yang terdiri dari: mengidentifikasi masalah,
mengajukan suatu pertanyaan tentang fakta, menyusun hipotesa, menguji
hipotesa, dan merumuskan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari
dua siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi.
Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada
sisklus I, rata-rata aspek kognitif bernilai 67,08, rata-rata aspek afektif bernilai
69,44 (cukup) dan rata-rata aspek psikomotor bernilai 68,75 (cukup). Hasil belajar
untuk siklus I bernilai 68,43 dengan kriteria cukup. Sedangkan untuk siklus II,
Nilai aspek kognitif siklus II bernilai 75,21 (baik) dan 79,86 untuk aspek afektif
(baik) serta 77,78 untuk aspek psikomotor (baik). Rata-rata hasil belajar untuk
siklus II dari ketiga aspek ini bernilai 77,62 (baik). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan
discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 31 Batang Barus
Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:24
Last Modified: 24 Jul 2025 08:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17189

Actions (login required)

View Item
View Item