Lelymarni, Lelymarni (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LELY_MARNI_09638_2314_2012.pdf [thumbnail of B1_6_LELY_MARNI_09638_2314_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LELY_MARNI_09638_2314_2012.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa
hasil belajar IPS siswa kelas IV lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran
lain. Hal ini disebabkan guru kurang menggali pengetahuan awal yang dimiliki
oleh siswa untuk diasimilasikan dengan pengetahuan yang diperoleh selama
pembelajaran akibatnya siswa kurang mampu memberikan ide-ide dalam
pemecahan masalah yang berkaitan dengan lingkungan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan
Konstruktivis di kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota
Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif penelitian ini terdiri dari dua siklus, satu
siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahap-tahap penelitian perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa
kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya Kecataman Koto Tangah Kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam penggunaan
pendekatan Konstruktivis. Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I
73,00 meningkat menjadi 87,00 pada siklus II. Penilaian pelaksanaan
pembelajaran aktifitas guru pada siklus I 67,75 meningkat menjadi 87,50 pada
siklus II. Penilaian pelaksanaan pembelajaran aktifitas siswa pada siklus I 67,00
meningkat menjadi 87,50 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh
siswa pada siklus I adalah 67,27 dengan persentase ketuntasan 30 %. Pada siklus
II terjadi peningkatan yang lebih baik dimana hasil belajar siswa adalah 81,50
dengan persentase ketuntasan 91 %. Dengan demikin dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Pendekatan Konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajara IPS
pada siswa kelas IV SDN 38 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17186 |