Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Coperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang

Aulia, Frima (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Coperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FRIMA_AULIA_1204926_1120_2018.pdf] Text
final_B1_06_FRIMA_AULIA_1204926_1120_2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang sesuainya perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran IPS yang dibuat dan dilakukan guru dengan yang
diharapkan yaitu guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran
dan dalam belajar kelompok guru kurang memberikan motivasi dan tanggung
jawab kepada seluruh anggota kelompok untuk dapat memahami dan
menyelesaikan permasalahan yang ada secara bersama. Akibatnya hasil belajar
yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS
Dengan Menggunakan Model Coperative learning Tipe Numbered Heads
Together (NHT) di kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas IV SDN 17 Jawa Gadut Kota Padang yang berjumlah 16 orang. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a ) perencanaan pada
siklus I memperoleh rata-rata 87,5% dengan kualifikasi (sangat baik) meningkat
menjadi 96,4% dengan kualifikasi (sangat baik) pada siklus II, b) pelaksanaan
pembelajaran dari aktivitas guru mempeoleh rata-rata 71,5% dengan kualifikasi
(cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,9% dengan kualifikasi (sangat baik)
pada siklus II, pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata dengan persentase 71,5%
dengan kualifikasi (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,9% dengan
kualifikasi (sangat baik) pada siklus II, c ) hasil belajar mengalami peningkatan
dari rata-rata kelas 73,52 pada siklus I dan kemudian meningkat lagi menjadi
91,39 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
IPS dengan model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN 17 Jawa Gadut Kota
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:05
Last Modified: 24 Jul 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item
View Item