Yani, Habibatul Fadhli Rahmi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V Min Padang Bintungan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HABIBATUL_FADHLI_RAHMI_YANI_11931_1471_2014.pdf [thumbnail of B1_6_HABIBATUL_FADHLI_RAHMI_YANI_11931_1471_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HABIBATUL_FADHLI_RAHMI_YANI_11931_1471_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi kondisi pembelajaran PKn di SD masih
berpusat kepada guru, guru tidak mengaitkan materi pembelajaran dengan
lingkungan siswa. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) di kelas V MIN Padang Bintungan
Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
disusun dengan menerapkan komponen-konponen CTL dalam pembelajaran.
Subjek penelitian siswa dan guru kelas V MIN Padang Bintungan. Data penelitian
diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Prosedur penelitian dilakukan melalui
4 tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan RPP rata-rata siklus I 85,71% kualifikasi
baik, siklus II meningkat menjadi 92,8% kualifikasi sangat baik. Pengamatan
aspek guru siklus I 84,37% kualifikasi baik. siklus II meningkat 96,887%
kualifikasi sangat baik. Pengamatan aspek siswa siklus I 84,38% kualifikasi baik
meningkat pada siklus II 95,31% kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa ratarata
siklus I 69 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,6. Pembelajaran
menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V MIN Padang Bintungan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17178 |