Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menggunakan Pendekatan ITM di Kelas IV SD Negeri 10 Kampung Apa Pariaman Selatan

Yustia, Valinda (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menggunakan Pendekatan ITM di Kelas IV SD Negeri 10 Kampung Apa Pariaman Selatan. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_VALINDA_YUSTIA_18079_3931_2014.pdf] Text
final_B1_6_VALINDA_YUSTIA_18079_3931_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan dalam pembelajaran siswa kurang diberi kesempatan berbagi dan bertukar informasi sehingga pembelajaran menjadi pasif. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan pendekatan Ilmu Teknologi Masyarakat.
penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 10 Kampung Apa Pariaman Selatan dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I 89,3% dan siklus II 96,4%, aktivitas guru siklus I 85,9% dan siklus II 90,6%, aktivitas siswa siklus I 87,5% dan siklus II 90,6%. Hasil belajar siswa siklus I 74,9 dan hasil belajar pada siklus II 84,3. Dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I 45,00% dan meningkat pada siklus II menjadi persentase ketuntasan belajar 95,00%. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan pendekatan ITM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 10 Kampung Apa Pariaman Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, pendekatan ITM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:04
Last Modified: 24 Jul 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item
View Item