Rifzal, Ira Lestari (2015) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis POE dalam Pembelajaran IPA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VII SMPN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_IRA_LESTARI_RIFZAL_1101383_3549_2015.pdf [thumbnail of B1_5_IRA_LESTARI_RIFZAL_1101383_3549_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_IRA_LESTARI_RIFZAL_1101383_3549_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kompetensi IPA siswa yang rendah disebabkan oleh pelaksanaan
pembelajaran yang belum sesuai dengan karateristik IPA. Pembelajaran IPA
memerlukan pendekatan proses karena IPA bukan hanya kumpulan fakta tetapi
juga proses penemuan, tentu pembelajaran perlu diarahkan pada penerapan
metode ilmiah. LKS berbasis POE (Predict, Observe dan Explain) adalah salah
satu bentuk bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik IPA. Berdasarkan hal di
atas dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
LKS berbasis POE dalam pembelajaran IPA terhadap kompetensi siswa kelas VII
SMPN 5 Padang.
Penelitian jenis quasi eksperimen dengan rancangan randomized control
group only design menggunakan populasi siswa kelas VII SMPN 5 Padang yang
terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil menggunakan teknik
cluster random sampling sehingga terpilih VII.3 sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah lembar tes hasil
belajar kognitif untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk
kompetensi sikap dan lembar penilaian keterampilan untuk kompetensi
keterampilan. Data yang diperoleh dari ketiga kompetensi kemudian dianalisis
dan dilakukan uji hipotesis menggunakan uji chi kuadrat.
Berdasarkan uji hipotesis untuk kompetensi ranah pengetahuan, sikap, dan
keterampilan masing-masing diperoleh nilai hitung
2 adalah 0,23; 0,95; 0,63.
tabel
2 dengan taraf nyata 0,05 adalah 3,84. Hasil perhitungan di atas
memperlihatkan bahwa hitung
2 ≤ tabel
2 , yang berarti hitung
2 berada di dalam
daerah penerimaan Ho. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh
yang berarti penggunaan LKS berbasis POE dalam pembelajaran IPA terhadap
kompetensi siswa kelas VII SMPN 5 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH PENGGUNAAN LKS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17176 |