Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 10 Kubang Pipik Kecamatan Baso Kabupaten Agam

Putri, Gusva Lenny (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 10 Kubang Pipik Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GUSVA_LENNY_PUTRI_95228_102_2015.pdf] Text
B1_6_GUSVA_LENNY_PUTRI_95228_102_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa banyak
siswa yang kurang menyenangi mata pelajaran IPS sehingga menimbulkan rasa
malas serta berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti
melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model Cooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di
Kelas V SDN 10 Kubang Pipik Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua
siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 10 Kubang
Pipik Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Dari hasil penelitian ini terlihat peningkatan dari Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Penilaian RPP siklus I
pertemuan 1 72%, pengamatan kegiatan guru 77%, kegiatan siswa 70%,
sedangkan hasil belajar siswa 69,04. Siklus I pertemuan II penilaian RPP 81%,
kegiatan guru 89%, kegiatan siswa 84%, dan hasil belajar siswa 75,88. Pada
Siklus II penilaian RPP 94%, kegiatan guru 93%, kegiatan siswa 93%, sedangkan
hasil belajar siswa 85,65. Jadi pembelajaran dengan penggunaan Model
Cooperative Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:04
Last Modified: 24 Jul 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17175

Actions (login required)

View Item
View Item