Sasmita, Melda (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Plajaran IPS Dengan menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SDN 10 Parit Batu Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MELDA_SASMITA_50346_4103_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MELDA_SASMITA_50346_4103_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MELDA_SASMITA_50346_4103_2012.pdf
Download (413kB)
Abstract
ami kesulitan dalam memahami konsep – konsep pembelajaran IPS karena pembelajaran IPS yang berlangsung selama ini guru belum menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran IPS. Hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Pendekatan STM. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.Data penelitian berupa informasi tentang proses yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes proses pembelajaran. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dikelas IV SDN 10 Parit Batu.Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 10 Parit Batu Kec Tigo Nagari Kab Pasaman, yang berjumlah 28 orang, terdiri dari siswa laki – laki 14 orang dan perempuan 14 orang.Prosedur penelitian dilakukan 1) perencanaan , 2) pelaksanaan , 3) pengamatan , 4) refleksi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil pada siklus I pertemuaan 1 pada RPP 78%, pelaksanaan dari aspek guru 80%, aspek siswa 80%. Hasil belajar kognitif 61%, afektif 68 % dan psikomotor 69 %. Pada siklus I pertemuan 2 pada RPP 81%, pelaksanaan aspek guru 82%, aspek siswa 83%. Hasil belajar kognitif 72%, afektif 70% dan psikomotor 74%. Pada siklus II pada RPP nilai nya 88%, pelaksanan aspek guru 94%, aspek siswa 94%. Hasil belajar pada aspek kognitif 83% afektif 82% psikomotor 79%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian bahwa dengan menggunakan pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17172 |