Purwanti, Sri (2017) Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy dengan Setting Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SRI_PURWANTI_1300388_4033_2017.pdf [thumbnail of B1_05_SRI_PURWANTI_1300388_4033_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SRI_PURWANTI_1300388_4033_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa adanya siswa yang mengalami motivasi belajar yang rendah. Motivasi merupakan salah satu aspek penting yang menjadi penentu seseorang dikatakan sukses dalam belajar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas pendekatan cognitive behavioral therapy dengan setting kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen model Pre Exsperiment, dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Padang Panjang yang memiliki motivasi belajar yang rendah sebanyak 10 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan analisis data deskripstif. Dari hasil Pretest skala motivasi terdapat 3 siswa berada pada kategori sedang dan 7 siswa berada pada kategori rendah. Hasil Postest dari 10 siswa setelah diberikan perlakuan Cognitive Behavioral Therapy terjadi perubahan rata rata motivasi belajar siswa dan berada pada kategori tinggi. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan rata-rata Thitung =0,005<Ttabel = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah mengikuti kegiatan. Jadi Cognitive Behavioral Therapy efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cognitive Behavioral Therapy; Setting Kelompok; Motivasi Belajar; Siswa; Pendekatan Psikologis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17169 |