Setiawan, Meki (2015) Pembaruan Pola Pembelajaran Berdasarkan kurikulum 2013 pada Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII SMP Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MEKI_SETIAWAN_54721_5150_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_MEKI_SETIAWAN_54721_5150_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MEKI_SETIAWAN_54721_5150_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pembaruan pola pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pada pembelajaran seni budaya di Kelas VII SMP Negeri 1 Batusangkar. Penelitian ini didukung dengan kajian teori yang berhubungan dengan: (1) Belajar dan Pembelajaran; (2) Pengertian Kurikulum 2013; (3) Pengertian Perencanaan Pembelajaran; (4) Pengertian Pelaksanaan Pembelajaran; dan (5) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 1 Batusangkar Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian ada di kelas VII yaitu; pada pembelajaran Seni Budaya (musik) dengan perencaaan pembelajaran yang menggunakan silabus dan RPP serta pelaksanaan pembelajaran dalam 10 pembaruan pola pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri disertai dengan angket, catatan observasi dan catatan wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa silabus yang dipedomani guru dan RPP yang dibuat guru dalam perencanaan pembelajaran seni musik, sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum, khususnya dalam pemenuhan lima komponen belajar yang meliputi tujuan, materi, metode, sumber, dan penilaian. Kelima komponen belajar ini telah dituangkan guru dalam RPP pelajaran seni musik dan telah dikembangkan. Perangkat ajar berupa RPP ini dinilai baik setelah guru dan peneliti melakukan angket terhadap RPP tersebut. Dalam hal pelaksanaan pembelajaran yang diamnati dan dituangkan dalam angket oleh peneliti, guru, dan siswa, ditemukan beberapa masalah di antaranya: dari kesepuluh pembaruan pola pembelajaran yang diamatkan Kurikulum 2013, lima hal dilaksanakan dengan baik, yaitu perumusan tujuan belajar, merubah pusat pembelajaran, penggunaan multimedia, sumber belajar yang berhubungan, dan melaksanakan teknik penilaian secara kelompok. Namun ada pula yang sangat kurang khusunya dalam masalah pembelajaran dengan pengetahuan jamak, perumusan tujuan belajar dalam ranah (sikap, keterampilan, dan pengetahuan), penyesuaian kebutuhan belajar untuk pelanggan, pembelajaran multi arah, dan teknik penilaian untuk hasil belajar yang kritis. Setelah hal ini dikonfirmasi kepada guru, maka untuk capaian pembaruan pola pembelajaran seni musik sebagaimana yang diamanatkan Kurikulum 2013 pada nilai sangat kurang hingga cukup, maka guru menjawabnya bahwa hal itu sulit dilakukan dan ada yang maksudnya tidak dimengeti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembaruan pola pembelajaran, Seni Budaya, Seni musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17161 |