Mulyani. P, Sri (2016) Kontribusi Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open Ended Problem dengan Model Problem Based Learning terhadap Kompetensi Siswa pada Materi Suhu, Kalor, dan Alat Optik di Kelas X SMAN 1 Kubung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SRI_MULYANI_ P_1205676_4804_2016.pdf [thumbnail of B1_05_SRI_MULYANI_ P_1205676_4804_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SRI_MULYANI_ P_1205676_4804_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Rendahnya kompetensi siswa salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi fisika yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Permasalahan ini menyebabkan kompetensi siswa masih di bawah KKM. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Open Ended Problem dengan Model Problem Based Learning. Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi LKS berbasis pendekatan Open Ended Problem dengan model Problem Based Learning terhadap kompetensi siswa pada materi suhu, kalor dan alat optik di kelas X SMAN 1 Kubung pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experimental dengan rancangan the one-shoot case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kubung yang terdaftar tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sejawat untuk mengukur kompetensi sikap, tes akhir untuk mengukur kompetensi pengetahuan, lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi keterampilan, dan lembar penilaian LKS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan kelas sampel terdistribusi normal. Melalui uji korelasi didapat tingkat keberartian hubungan nilai kompetensi sikap dengan nilai LKS adalah kuat, dan persentase kontribusi LKS sebesar 48%. Keberartian hubungan nilai kompetensi pengetahuan dengan nilai LKS adalah sangat kuat, dan persentase kontribusi LKS sebesar 68%. Keberartian hubungan nilai kompetensi keterampilan dengan nilai LKS adalah kuat, dan persentase kontribusi LKS sebesar 53%. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa, 1) terdapat kontribusi yang berarti LKS berbasis pendekatan Open Ended Problem dengan model Problem Based Learning terhadap kompetensi sikap siswa pada materi suhu, kalor dan alat optik di SMAN 1 Kubung, 2) terdapat kontribusi yang berarti LKS berbasis pendekatan Open Ended Problem dengan model Problem Based Learning terhadap kompetensi sikap siswa pada materi suhu, kalor dan alat optik di SMAN 1 Kubung dan 3) terdapat kontribusi yang berarti LKS berbasis pendekatan Open Ended Problem dengan model Problem Based Learning terhadap kompetensi sikap siswa pada materi suhu, kalor dan alat optik di SMAN 1 Kubung, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa; Open Ended Problem; Problem Based Learning; Kompetensi Siswa; Suhu; Kalor; |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17160 |